kemisan

karena hidup (di manchester) bukan hanya untuk sekolah

About

with 2 comments

ini blog kemisan yang berisi catatan, contoh, obrolan, celotehan tentang hidup dan belajar di manchester.

kemisanKemisan (atau Reboan, atau Selasaan, atau Jumatan) adalah forum diskusi informal bagi mahasiswa/i Indonesia yang sedang menempuh studi undergraduate, master atau doktoral di Manchester yang sudah 4 tahun ini berjalan.

1. Tentang Forum Diskusi ini
Untuk membantu para mahasiswa, baik undergraduate (UG) -khususnya tahun ketiga, master (PGT) atau doktoral (PGR), beberapa warga Manchester menyediakan diri secara sukarela untuk mengorganisir diskusi bagi para mahasiswa. Diskusi ini diadakan bagi mereka yang berminat ngobrol-ngobrol dengan topik seputar hidup akademik (studi, paper, riset, dll) di kampus. Semuanya diundang untuk hadir di forum ‘ngopi + brownbag lunch’ setiap hari dan waktu tertentu di kampus. Dalam forum ini, dibicarakan berbagai hal tentang hidup akademik di sini. Termasuk bertukar gagasan dan ide mengenai assignment, paper, dan konsultasi tugas, penelitian dan disertasi, dll. Yang lebih senior bisa membantu yang lebih yunior. Yang belajar lebih dulu bisa membagikan ilmunya. Yang sudah berpengalaman bisa membagikan pengalamannya, dst. Konkritnya: yang sudah pernah master membantu para mahasiswa master, yang sudah pernah PhD membantu adik-adik PhD-nya.

2. Perjalanan Forum
Acara ini sudah dicoba diselenggarakan sejak empat tahun terakhir, yakni tahun akademik 2004-2005. Saat itu (ketika mbak Wiwien, mas Djati, mas Nuli, mbak Tyas, cs. mengambil master) kumpul-kumpul ini sifatnya lebih informal, “nembak kalau butuh”. Tetapi setidaknya sedikit banyak membantu kawan-kawan saat itu dalam menulis paper, menulis disertasi, dll. Di tahun akademik 2005-2006 (jaman bang Anto Marboen, pak Siprianus, pak E1, zus Ita), acara ini sudah mulai tertata, seminggu sekali di IDPM cafe setiap hari Selasa — “selasaan”. Beberapa kawan juga terbantu dalam tugas paper dan disertasinya. Tahun akademik 2006-2007 (periode Ocky, Bowo, Idep, Nayarini, dkk) acara sudah berjalan rutin dan diskusi berjalan produktif setiap hari Rabu — “reboan”. Beberapa peserta merasa terbantu dalam tugas-tugas paper, presentasi, hingga disertasi. Tahun akademik 2007-2008 (saat Irsan, Utty, Negla, Novi, Aska, Adhy, dkk), acara sudah berjalan rutin dan teratur tiap hari Kamis — “kemisan”. Saya kira kawan-kawan periode ini cukup terbantu dalam tugas-tugas, presentasi, hingga disertanya. (Silakan kawan-kawan yang pernah mengalami acara ini/s2elasaan/reboan/kemisan, bercerita sendiri).

Dari pengamatan dan pengalaman, forum open clinic semacam ini sebenarnya membantu para mahasiswa untuk membuka diri pada gagasan-gagasan baru dan karenanya bisa saling membantu melengkapi. Dan, tak saja karena soal-soal/urusan akademis, tetapi karena bertemu dengan kawan-kawan dari Indonesia (dengan segenap guyon, gelak tawa, dll.) juga menambah motivasi ketika merasa capek, lelah, jenuh dan bosan dengan rutinitas kuliah dan studi.

3. Model/pendekatan
Acara ini bersifat bebas. Terbuka bagi siapa saja. Tak setiap sesi harus datang. Silakan datang jika membutuhkan. Beberapa kawan senior menyediakan diri untuk sebisanya selalu hadir, misalnya bang Gindo Tampubolon (peneliti di ISC, School of Social Sciences, UoM), Yanuar Nugroho (peneliti di MIOIR/PREST, Manchester Business School, UoM), Pak Yohanes Kadarusman (mahasiswa doktoral di IDPM, School of Environment and Development, UoM), Mas Budi “Iwan/E1” Wardhana (alumnus MA dari IDPM, UoM) dan kawan-kawan lain. Dulu ada Bp. Epa Yonnedi (lulusan PhD dari IDPM, UoM), IDPM. Meski kebanyakan yang ‘memanfaatkan’ forum ini sejak 2004-2005 adalah para mahasiswa dari bidang social science (termasuk Economics dan Law), tapi ada mahasiswa yang belajar engineering yang juga mendapatkan manfaat dari bertukar gagasan semacam ini. (Bear in mind, para ‘pengasuh’ forum ini juga punya latar belakang teknik (selain ekonomi dan sosial) di S1 dan S2 mereka).

Saya mencatat, saat ini (2008-2009) ada cukup banyak kandidat PhD di Manchester: mBak Vera, Mas Cahyo, Mas Nugie, Mas Jimmy, Mas Spits-Warnars, Pak Nyoman Jaya — dan mungkin masih ada lagi yang belum saya kenal? Saya mengundang kawan-kawan kandidat PhD ini untuk hadir di forum ini. Kebanyakan alumnus master dari Inggris, ada yang dari Belanda — pengalaman anda sekalian pasti berharga untuk dibagikan. Setidaknya, anda bisa ikut membantu adik-adik master dan undergrad dalam tugas-tugas akademik mereka.

4. Tentang rencana forum ini pada tahun akademik 2008-2009

Tempat pertemuan sementara ini diputuskan TETAP di World Cafe Harold Hankins Building (dulu namanya IDPM Cafe, kini namanya MBS Cafe at Harold Hankins), yaitu di lantai 5 Harold Hankins Building, tepat di atas Accommodation Office di Precinct Centre. (Cara mencapainya ada di sini http://www.mbs.ac.uk/research/engineering-policy/documents/MBSMAP101204.pdf).

Tempat ini dipilih (bukan di North Campus atau di tempat lain) karena
1. berada relatif di tengah dan
2. lebih accessible bagi para pengasuhnya, i.e. rekan-rekan senior yang memberikan komitmen membimbing/memoderasi forum (ctt. Bang Gindo, Pak Rusman berkantor di Arthur Lewis, saya berkantor di MBS).

Mohon maaf tidak ada proses demokratik untuk menentukan tempat ini – melainkan veto dari saya selaku pengelola forum 🙂 (Jika nanti dalam proses jalannya pertemuan dirasa ada tempat yang lebih baik, bisa dibicarakan. Tetapi sementara ini dulu).

Waktu – Untuk Semester 1 2008-2009
12.30 – 13.30 GMT

Terbuka kemungkinan untuk menggantinya pada semester depan, menyesuaikan dengan availability kawan-kawan yang berminat berkumpul. Karena itu saya mohon dipilih dari alternatif ini:

5. Lain-lain
Saya mengharapkan (dan meminta) para mantan peserta forum ini bisa bercerita lebih banyak pada kawan-kawan yang baru hadir tentang manfaat (atau mudarat) forum ini. Jika memang para mahasiswa baru angkatan ini berminat pada forum ini, forum ini akan dilanjutkan. Namun jika tidak, never mind. Para pengasuhnya toh tetap akan selalu kumpul-kumpul sembari minum kopi .. 🙂

Salam,

y – salah satu pengasuh forum.

ps. sebagian yang ada di foto ini adalah peserta kemisan 2007-2008

Written by aviandri

November 8, 2008 at 9:07 am

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Salam kenal….saya wanny mahasiswi S2 ipb bogor…boleh gag saya bergabung di blog ini? soalnya kemampuan saya dalam hal menulis masih sangat kurang..saya sangat membutuhkan bantuan anda apalagi akhir2 ini banyak tugas untuk menulis essay ataupun meriview jurnal yang membuat kepala jadi mumet soalnya waktu s1 dulu tuga2 semacam ini sangat jarang…so i really need ur help…thanx for ur attention and i hope get reply soon..

    wanny hamdani

    March 7, 2010 at 3:29 pm

  2. Hallo Mas Yan, selamat dan salut atas kesetiaannya mengasuh anak2 lewat sesi2 Kemisan di kampus. Cuma mau bilang, aku nyampe ke site Kemisan ini lewat google, ketik kemisan manchester dan langsung dapet hasilnya di urutan pertama. This is excellent, because apparently it’s bloomin’ difficult to try to get a site to appear at the top of the result page of google search (the rules/criteria of which noone knows) and also to STAY at the top. Well done.

    Btw aku tadi kesini iseng mau cari informasi kehidupan manchester utk anak2 baru, was in the process of updating the booklet but got stuck in the middle, oh well.

    Octa (UMIST 1998-2002)

    Octa Siahaan

    March 26, 2010 at 8:32 pm


Leave a comment